AHLAN WA SAHLAN Selamat Datang di blog SantriChannel, yang menyajikan Tulisan-tulisan yang berkaitan dengan ke-santri-an, bernuansa Islami berisikan Hikmah Al-qur'an dan Mutiara Hadits, semoga Blog yang sederhana ini dapat memberikan peningkatan ketaqwaan, kesejukan hati dan ketentraman jiwa, serta menjaga silaturrahmi kita yang tidak pernah terputus. Agar kita benar-benar dapat melakoni apa yang ditetapkan dan disarankan oleh Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Kelangsungan Dakwah kami ini beriringan dengan channel #santri di server mIRC DALnet.

Rabu, 07 November 2007

Perintah DALnet tentang ChanServ

Kalau kemarin kita membahas mengenai tentang command-command (perintah) dalnet yang menyangkut tentang nickname, sekarang kita tambah lagi ilmu kita dengan perintah tentang pengaturan channel.

Ini sangat penting diketahui terutama bagi kamu yang menjadi operator dalam satu channel, terlebih-lebih lagi jikalau kamu adalah orang yang meregister channelnya (founder).
Jikalau pada command nickname kita menggunakan perintah /nickserv (/ns), maka untuk channel kita gunakan perintah /chanserv (/cs). Setiap diawal commandnya harus menggunakan perintah /chanserv atau bias juga kita singkat menjadi /cs saja,
Kebanyakan mukadimah ya? Hehe oke deh kita mulai sekarang inilah command-command untuk perintah settingan channel kita.

REGISTER
Penggunaan: /chanserv REGISTER #channel password description
Keterangan : Memerintahkan ChanServ untuk me-register suatu channel.
Catatan : Untuk meregister sebuah channel yang belum diregister kamu harus punya status @ (operator) di channel tersebut. Jangan memberitahukan password kepada orang lain, gunakan kombinasi abjad dan angka yang mudah kamu ingat tapi susah ditebak oleh orang lain.
Contoh : /chanserv REGISTER #santri vrdalnet12345 santri channel
Memerintahkan ChanServ untuk meregister channel #santri dengan password “vrdalnet12345″ dan deskripsi “SantriChannel”.

DROP
Penggunaan: /chanserv DROP #channel [dropcode]
Keterangan : Perintah ini untuk men-drop (un-register) sebuah channel. Gunakan /chanserv DROP #channel tanpa dropcode, tunggu konfirmasi dropcode dari chanserv dan masukkan perintah /chanserv DROP #channel [dropcode].
Catatan : Untuk menggunakan perintah ini kamu harus punya akses founder dan identify ke ChanServ.
Contoh : /chanserv DROP #santri
Perintah untuk men-drop channel #santri setelah memasukkan perintah di atas tunggu di status kamu muncul konfirmasi dropcode dari ChanServ yang bentuknya seperti ini :
-ChanServ- Dropping a channel is permanent and cannot be undone!
-ChanServ- To confirm, type: /chanserv DROP #santri 13151683216
Selanjutnya silahkan ketik /chanserv DROP #santri 13151683216 dan selamat, kamu telah kehilangan sebuah channel ;p.

IDENTIFY
Penggunaan: /chanserv IDENTIFY #channel password atau /IDENTIFY #channel password
Keterangan : Perintah ini untuk meng-identify diri kamu sebagai founder channel dan perintah ini memberikan kamu hak akses penuh untuk menggunakan perintah yang hanya dapat digunakan oleh founder.
Contoh : /chanserv IDENTIFY #santri vrdalnet12345
Identify sebagai founder channel #santri dengan password channel “vrdalnet12345″.

SENDPASS
Penggunaan: /chanserv SENDPASS #channel email
Keterangan : Perintah ini digunakan founder untuk mengirimkan password channel ke email. Perintah ini berguna apabila founder lupa/kehilangan password channel.
Catatan : Password hanya akan dikirimkan oleh service DALnet apabila email yang diberikan pada perintah SENDPASS sama dengan email pada database DALnet. Email channel sama dengan email nick founder. Perintah SENDPASS dapat di-disable dengan perintah .

MAILBLOCK.
Contoh : /chanserv SENDPASS #santri founder@santri-dalnet.com
Meminta ChanServ untuk mengirimkan password channel #santri ke email founder@riauchat-dalnet.com.

SOP - (ADD DEL LIST WIPE)
Penggunaan: /chanserv SOP #channel ADDDELLISTWIPE [nickmask]
Keterangan : Perintah ini digunakan oleh founder untuk menambah SOP (SuperOperator) baru (ADD), menghapus SOP (DEL), menampilkan datfar SOP channel (LIST) dan menghapus seluruh SOP dari daftar (WIPE).
Catatan : Perintah ADD, DEL, WIPE hanya dapat digunakan oleh founder, perintah LIST dapat digunakan oleh level AOP ke atas. Daftar SOP dibatasi maksimum 100 entri.
Contoh : /chanserv SOP #santri ADD Cokitze
Menambahkan nick Cokitze ke dalam daftar SOP channel #santri.

AOP - (ADD DEL LIST WIPE)
Penggunaan: /chanserv AOP #channel ADDDELLISTWIPE [nickmask]
Keterangan : Perintah ini digunakan oleh founder dan SOP untuk menambah AOP (AutoOperator) baru (ADD), menghapus AOP (DEL), menampilkan datfar AOP channel (LIST) dan menghapus seluruh AOP dari daftar (WIPE).
Catatan : Perintah ADD dan DEL dapat digunakan oleh founder dan SOP, perintah LIST dapat digunakan oleh level AOP ke atas, perintah WIPE hanya dapat digunakan oleh founder. Daftar AOP dibatasi maksimum 300 entri.
Contoh : /chanserv AOP #santri ADD fificha
Menambahkan nick fificha ke dalam daftar AOP channel #santri.

AKICK - (ADD DEL LIST WIPE)
Penggunaan: DELLISTWIPE [nickmaskhost]
Keterangan : Perintah ini digunakan oleh founder dan SOP untuk menambah AKICK (AutoKick) baru (ADD), menghapus AKICK (DEL), menampilkan datfar AKICK channel (LIST) dan menghapus seluruh AKICK dari daftar (WIPE).
Catatan : Perintah ADD dan DEL dapat digunakan oleh founder dan SOP, perintah LIST dapat digunakan oleh level AOP ke atas, perintah WIPE hanya dapat digunakan oleh founder. Daftar AKICK dibatasi maksimum 200 entri.
Contoh : /chanserv AKICK #santri DEL *!*@*.net.id
Menghapus host *!*@*.net.id dari daftar AKICK channel #santri .

OP DEOP
Penggunaan: /chanserv OPDEOP #channel nickname
Keterangan : Perintah ini digunakan untuk meminta ChanServ memberikan atau mengambil status Operator @ nickname seseorang di channel.
Catatan : Perintah ini hanya dapat digunakan apabila kamu mempunyai akses minimal AOP di channel yang bersangkutan. Kamu tidak dapat men-DEOP seseorang yang mempunyai akses level lebih tinggi dari kamu, seorang AOP tidak dapat men-DEOP SOP.
Contoh : /chanserv OP #santri kaku
Meminta ChanServ memberikan status Operator kepada nick kaku di channel #santri.

MKICK
Penggunaan: /chanserv MKICK #channel
Keterangan : Perintah MKICK (MassKick) ini hanya digunakan pada keadaan tertentu, misalnya pada keadaan disinkronisasi di channel (saat terjadi netsplit) atau keadaan lainnya. Untuk Keterangan lebih lanjut tentang netsplit silahkan kunjungi DALnet Documentation Project Site http://docs.dal.net/docs/netsplits.html.
Catatan : Perintah ini tidak dapat kamu gunakan apabila di dalam channel terdapat seseorang yang mempunyai akses level lebih tinggi dari kamu, seorang SOP tidak dapat menggunakan perintah MKICK apabila founder berada di dalam channel. Perintah ini menurut pandangan pribadi saya mempunyai akibat yang fatal, jadi tolong jangan sembarangan digunakan.
Contoh : /chanserv MKICK #santri
Memerintahkan ChanServ MassKick di channel #santri .

MDEOP
Penggunaan: /chanserv MDEOP #channel
Keterangan : Perintah MDEOP (MassDe-OP) ini akan men-DEOP semua orang di dalam channel yang mempunyai akses level sama dengan dan lebih rendah dari kamu, seorang AOP hanya dapat men-DEOP semua AOP dan operator non-permanen.
Contoh : /chanserv MDEOP #santri
Memerintahkan ChanServ MassDe-OP di channel #santri .

SET - FOUNDER
Penggunaan: /chanserv SET #channel FOUNDER
Keterangan : Perintah ini digunakan untuk meminta ChanServ mengganti nickname founder menjadi nickname yang sedang kamu gunakan sekarang.
Catatan : Nickname yang ingin kamu set menjadi founder harus sudah teregistrasi penuh dan kamu sebelumnya sudah identify ke ChanServ menggunakan password channel.

SET - PASSWD
Penggunaan: /chanserv SET #channel PASSWD oldpassword newpassword
Keterangan : Perintah ini untuk mengganti password channel.
Catatan : Untuk alasan keamanan, sangat disarankan untuk mengganti password channel kamu secara periodik.
Contoh : /chanserv SET #santri PASSWD vrdalnet12345 vr678dalnet
Mengganti password channel #santri dari “vrdalnet12345″ menjadi “vr678dalnet”.

SET - DESC
Penggunaan: /chanserv SET #channel DESC newdescription
Keterangan : Perintah ini untuk mengganti deskripsi channel.
Contoh : /chanserv SET #santri DESC Our’s santri Home on DALnet!
Mengganti deskripsi channel #santri menjadi “Our’s santri Home on DALnet!”.

SET - MLOCK
Penggunaan: /chanserv SET #channel MLOCK mode_lock_option
Kalau channel santri menggunakan mlock +nt-MiRck yang merupakan pemilihan dari berbagai modenya yakni +n +t -M -i –R –c –k dan digabungkan menjadi +nt-MiRck
Keterangan : Perintah ini digunakan untuk men-set MLOCK (Mode Lock) channel. Perintah ini merupakan salah satu perintah penting dalam mengelola keamanan channel. Berikut di bawah ini adalah mode_lock_option yang bisa kamu gunakan beserta Keterangannya :
R - Only Registered nicks allowed (hanya nick yang sudah teregistrasi yang diizinkan masuk ke dalam channel). Sangat berguna apabila kamu ingin menghentikan serangan clone, karena sebagian besar serangan clone menggunakan nick yang tidak teregistrasi. Disarankan untuk membiarkan opsi R dalam keadaan un-set dan hanya diaktifkan pada saat channel menghadapi serangan clone, dapat diaktifkan melalui perintah /mode #channel +R
+n - No external messages (tidak menerima message/pesan dari luar channel). Untuk mencegah orang yang tidak berada di dalam channel mengirimkan pesan ke channel. Disarankan men-set MLOCK +N.
+t - Only ops set topic (hanya yang mempunyai status operator (@) di channel yang dapat merubah topic channel). Untuk mencepat user biasa merubah topic channel.
+p - Channel is private (pribadi). Untuk membuat channel tidak terlihat di daftar channel pada saat user IRC menggunakan perintah /list untuk Keterangan lebih lengkap silahkan ketik “/help /list” di jendela status Mirc.
+s - Channel is secret (rahasia). Mempunyai fungsi yang sama dengan +p plus dengan tambahan channel tidak terlihat di whois. Kedua opsi MLOCK ini berguna untuk mencegah user yang tidak diinginkan masuk ke dalam channel.
+i - Channel is invite-only. Opsi ini membuat channel tertutup bagi semua orang sampai ada operator channel yang mengundang (invite) mereka atau mereka yang mempunyai akses ke channel menggunakan perintah /chanserv INVITE #channel.
+k - Required secret key (membutuhkan kunci rahasia/password). Setiap user harus memasukkan password yang benar baru bisa masuk ke dalam channel. Disarankan untuk men-set MLOCK -k bagi channel yang terbuka untuk umum.
+l - Channel is limited to person. Untuk membatasi jumlah user yang dapat masuk ke channel pada angka tertentu. Biasanya hanya digunakan apabila channel memiliki bot/shell untuk mengantisipasi serangan clone.
+m - Channel is moderated. Untuk mencegah user channel yang tidak memiliki status voice dan operator (tanda + dan @ di depan nickname) berbicara/chat di dalam channel. Disarankan untuk membiarkan opsi m dalam keadaan un-set dan hanya diaktifkan pada saat channel diserang flooder (flooding-attack), dapat diaktifkan melalui perintah /mode #channel +m
+c - Disable control codes (color, bold, underline, reverse). Untuk mencegah user chat di dalam channel menggunakan control codes (warna, cetak tebal, garis bawah, text ber latar-belakang). Opsi ini juga berguna dalam menghadapi serangan clone. Untuk Keterangan lebih lanjut silahkan ketik “/help control codes” di jendela status Mirc atau kunjungi DALnet Documentation Project Site http:/docs.dal.net/docs/modes.html.
Contoh : /chanserv SET #santri MLOCK +snt-kl
Men-set Mode Lock channel #santri ke mode +snt-kl (mengaktifkan opsi secret, no external message, only ops set topic dan menon-aktifkan opsi secret key, channel is limited).

SET - OPGUARD
Penggunaan: /chanserv SET #channel OPGUARD onoff
Keterangan : Apabila OPGUARD di-set ke posisi ON maka hanya AOP, SOP dan founder yang diizinkan ChanServ untuk memiliki status Operator (@) di dalam channel, operator lain tanpa akses minimal AOP akan diturunkan oleh ChanServ.
Catatan : Disarankan untuk men-set OPGUARD ke posisi ON untuk alasan keamanan channel dan mencegah user yang tidak diinginkan memiliki status operator di channel.

SET - KEEPTOPIC
Penggunaan: /chanserv SET #channel KEEPTOPIC onoff
Keterangan : Perintah ini apabila di-set ke posisi ON maka ChanServ akan menyimpan topic channel pada saat channel tidak ada user dan mengembalikan topic channel apabila ada user yang masuk.

SET - URL
Penggunaan: /chanserv SET #channel URL [www.santrichannel.blogspot.com]
Keterangan : Perintah ini untuk men-set alamat URL (Uniform Resource Locator) channel kamu, dimana URL channel dapat dilihat dengan perintah /chanserv INFO #channel.
Catatan : Untuk menghapus URL channel kamu cukup ketikkan “/chanserv SET #channel URL” tanpa diikuti nama domain (URL).
Contoh : /chanserv SET #santri URL www.santrichannel.blogspot.com
Men-set URL channel #santri ke “www.santrichannel.dalnet.com”.

SET - IDENT
Penggunaan: /chanserv SET #channel IDENT onoff
Keterangan : Perintah ini apabila di-set ke posisi ON maka para operator harus terlebih dahulu identify sebelum mereka di-Op oleh ChanServ.

SET - RESTRICT
Penggunaan: /chanserv SET #channel RESTRICT onoff
Keterangan : Perintah ini apabila di-set ke posisi ON maka ChanServ tidak akan mengizinkan user yang tidak terdaftar di access list channel untuk masuk ke dalam channel. ChanServ akan segera meng-Kick & Ban mereka. Hanya user dengan akses minimal AOP channel yang diizinkan masuk.

SET - VERBOSE
Penggunaan: /chanserv SET #channel VERBOSE onoff
Keterangan : Perintah ini apabila di-set ke posisi ON maka ChanServ akan me-Notify (mengirimkan pesan) setiap operator di dalam channel apabila terjadi perubahan pada access list channel seperti penambahan/penghapusan AOP, SOP, AKICK.
Notify dari chanserv akan berbentuk seperti ini :
-ChanServ:@#santri - [VERBOSE] ‘aladdin@killer=> sop #santri add Fakesiders

SET - TOPICLOCK
Penggunaan: /chanserv SET #channel TOPICLOCK foundersopoff
Keterangan : Perintah ini untuk menentukan siapa saja yang berhak merubah topic channel, Founder, SOP atau user biasa (off).
Catatan : Perintah ini berkaitan dengan perintah “/chanserv SET #channel MLOCK +t” silahkan lihat kembali bagian SET-MLOCK.
Contoh : /chanserv SET #santri TOPICLOCK sop
Perintah ini menentukan hanya operator channel #santri dengan akses minimal SOP yang dapat merubah topic channel.

SET - LEAVEOPS
Penggunaan: /chanserv SET #channel LEAVEOPS onoff
Keterangan : Perintah ini apabila di-set pada posisi ON maka ChanServ akan membiarkan user pertama yang masuk ke dalam channel memiliki status operator @ (channel dalam keadaan kosong). Pada keadaan default, LEAVEOPS di-set pada posisi OFF, ini artinya ChanServ akan men-DEOP siapapun yang tidak memiliki akses minimal AOP. Sangat direkomendasikan kepada kamu untuk membiarkan setting LEAVEOPS pada keadaan OFF dengan alasan keamanan.

SET - UNSECURE
Penggunaan: /chanserv SET #channel UNSECURE onoff
Keterangan : Perintah ini apabila di-set pada posisi ON maka siapapun yang berada dalam access list nickname Founder tidak perlu identify terlebih dahulu untuk melakukan perubahan pada setting channel. Disarankan untuk membiarkan setting UNSECURE pada keadaan keadaan default (OFF).

SET - PRIVATE
Penggunaan: /chanserv SET #channel PRIVATE onoff
Keterangan : Perintah ini apabila di-set pada posisi ON maka akan membuat perintah /chanserv INVITE tidak dapat digunakan. Dan hanya user yang mengetahui nama channel saja yang bisa masuk, nama channel juga tidak muncul di daftar channel (mirip dengan MLOCK +p).

SET - MEMO
Penggunaan: /chanserv SET #channel MEMO noneaopsopfounder
Keterangan : Melalui perintah ini seorang Founder dapat menentukan siapa saja yang berhak mengirimkan memo channel.
none - tidak seorangpun dapat mengirimkan memo
aop - semua operator (AOP, SOP, Founder) berhak mengirimkan memo
sop - hanya operator dengan akses SOP dan Founder yang berhak mengirimkan memo
founder - hanya founder yang berhak mengirimkan memo.

SET - SUCCESSOR
Penggunaan: /chanserv SET #channel SUCCESSOR nickname-
Keterangan : Dengan perintah ini seorang Founder dapat menentukan nickname pengganti/cadangan apabila nickname founder expired. Pada saat nickname founder expired maka hak akses founder akan dialihkan kepada nickname cadangan tersebut. Apabila kamu ingin menghapus setting nickname Successor gunakan perintah “/chanserv SET #channel SUCCESSOR -”.
Contoh : /chanserv SET #putih SUCCESSOR dwisri
Men-set SUCCESSOR channel #putih pada nickname dwisri

SET - WEBPASSWD
Penggunaan: /chanserv SET #channel WEBPASSWD password
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk menentukan password bagi web site channel. DALnet memberikan fasilitas Webhosting bagi channel yang teregistrasi di databasenya. Keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi DALnet Documentation Project Site bagian Webhosting Service.
Catatan : Password website harus berbeda dengan password channel supaya dapat dengan aman diserahkan kepada orang lain untuk dikelola.
Contoh : /chanserv SET #santri WEBPASSWD vrwebsite888
Men-set password website channel #santri dengan “vrwebsite888″.

SET - MAILBLOCK
Penggunaan: /chanserv SET #channel MAILBLOCK onoff
Keterangan : Perintah ini mengizinkan seorang Founder untuk menghidupkan/mematikan fasilitas MAILBLOCK. Apabila di-set pada posisi ON maka perintah “/chanserv SENDPASS” tidak dapat lagi digunakan.
Catatan : Fasilitas MAILBLOCK ini tidak boleh dihidupkan (ON) sampai seorang Founder yakin sekali dirinya tidak menderita penyakit “lupa ingatan”.

INVITE
Penggunaan: /chanserv INVITE #channel
Keterangan : Perintah ini akan meng-Invite diri kamu sendiri ke dalam channel yang di-set mode +R/+O/+i/+l/+k/+b.
Catatan : Untuk menggunakan perintah ini minimal kamu harus memiliki akses AOP di channel tersebut.

ACC / ACCESS
Penggunaan: /chanserv ACCACCESS #channel nickname
Keterangan : Perintah ini digunakan oleh seseorang yang memiliki akses AOP atau lebih tinggi untuk melihat hak akses dirinya sendiri atau orang lain di channel. Berikut di bawah ini adalah definisi dari level hak akses (dalam angka) :
-2 = Channel is frozen or closed (channel dibekukan atau ditutup)
-1 = AutoKICKed from the channel (nickname bersangkutan masuk dalam daftar AKICK channel)
0 = basic (nickname bersangkutan tidak punya akses di channel atau sedang tidak On-Line)
1 = AutoOp (akses AOP - Auto Operator)
2 = SuperOp (akses SOP - Super Operator)
3 = Has founder access via a NickServ access list mask (akses Founder via daftar akses pada database NickServ)
4 = Has founder access via identification to NickServ (akses Founder via Identify password nick pada NickServ)
5 = Has founder access via identification to ChanServ (akses Founder via Identify password channel pada ChanServ)
Catatan : Untuk menggunakan perintah ini minimal kamu harus memiliki akses AOP di channel tersebut.
Contoh : /chanserv ACC #santri a-bey`
Melihat level hak akses nick a-bey`di channel #santri dan notify dari ChanServ lebih kurang seperti di bawah ini :
-ChanServ- a-bey`ACC #santri 2 (SOP)

WHY
Penggunaan: /chanserv WHY #channel nickname
Keterangan : Perintah ini mirip dengan perintah ACC/Access, hasilnya berupa status user di channel (AOP/SOP/Founder). Gunanya untuk melihat hak akses yang digunakan user untuk naik menjadi operator channel.
Catatan : Untuk menggunakan perintah ini minimal kamu harus memiliki akses AOP di channel tersebut.
Contoh : /chanserv WHY #santri harimau
Melihat status/hak akses nick `L1QuId di channel #santri dan notify dari ChanServ lebih kurang seperti di bawah ini :
-ChanServ- `harimau has AOP access to #santri . Reason: Identification to services with the channel password.

UNBAN
Penggunaan: /chanserv UNBAN #channel nickname*nick!user@host.domain
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk meminta ChanServ meng-Unbanned diri kamu, nickname lain, host/domain tertentu, dan seluruh daftar banned. Untuk meng-Unbanned diri kamu cukup ketik “/chanserv UNBAN #channel”.
Catatan : AOP hanya dapat meng-Unbanned diri sendiri, nickname lain dan host/domain tertentu, SOP dan Founder dapat meng-Unbanned seluruh daftar banned dengan menggunakan tanda *.

COUNT
Penggunaan: /chanserv COUNT #channel
Keterangan : Perintah ini untuk meminta ChanServ menghitung jumlah AOP, SOP dan AKICK suatu channel.
Catatan : Untuk menggunakan perintah ini minimal kamu harus memiliki akses AOP di channel tersebut.
Contoh : /chanserv COUNT #santri
Menghitung jumlah AOP, SOP dan AKICK channel #santri dan notify dari ChanServ lebih kurang seperti di bawah ini :
-ChanServ- Channel: #santri - AOP: 20 SOP: 4 AKICK: 21

INFO
Penggunaan: /chanserv INFO #channel
Keterangan : Untuk menampilkan informasi tentang channel (setting, topik, tanggal register, tanggal terakhir penambahan AOP/SOP, dll).
Contoh : /chanserv INFO #santri
Menampilkan informasi tentang channel #santri, hasilnya lebih kurang seperti di bawah ini :

-ChanServ- Info for #santri :-
-ChanServ- Founder : fatahillah (aladin@killer.st)-
-ChanServ- Mode Lock : +nt-MiRck-
-ChanServ- Last Topic : 9,1 Ahlan Fi 11,14 -Santri@DALnet- 8,1 Sharing, Diskusi tuker pikiran, Silaturahim, Kenalan 0,1 Visit: http://santrichannel.blogspot.com (jasmeen)-
-ChanServ- Description: Channelnya PaRa SantRi DiSeLuRuH NusaNtaRa-
-ChanServ- URL : 8,3http://santrichannel.blogspot.com -
-ChanServ- Options : SecuredOps, Verbose, "Sticky" Topics-
-ChanServ- Memo Level : AOP-
-ChanServ- Registered : Tue 18-Sep-2007 20:14:51 UTC-
-ChanServ- Last opping: Wed 07-Nov-2007 13:03:37 UTC-
-ChanServ- *** End of Info *** -ChanServ- Info for #santri :

Mungkin ini sudah agak lumayan menjadi koleksi kita dalam memodifikasi channel kita dengan command-command dari dalnet. Atau mungkin juga ada yang masih bertanya-tanya tentang penjelasannya bagaimana. Seandainya ada dari akhi dan akhwat semua ada yang belum begitu jelas jangan segan-segan, tanyakan saja kepada kami di channel #santri. Insya ALLAH kami sebisa mungkin akan membantu.

Copyright © 2007. santridalnet@crew. All rights reserved. Hak Cipta DiLindungi Allah Azza Wa Jalla Yang Maha Kuasa