AHLAN WA SAHLAN Selamat Datang di blog SantriChannel, yang menyajikan Tulisan-tulisan yang berkaitan dengan ke-santri-an, bernuansa Islami berisikan Hikmah Al-qur'an dan Mutiara Hadits, semoga Blog yang sederhana ini dapat memberikan peningkatan ketaqwaan, kesejukan hati dan ketentraman jiwa, serta menjaga silaturrahmi kita yang tidak pernah terputus. Agar kita benar-benar dapat melakoni apa yang ditetapkan dan disarankan oleh Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Kelangsungan Dakwah kami ini beriringan dengan channel #santri di server mIRC DALnet.

Minggu, 07 Oktober 2007

Membangun Basis Kekuatan Ummah

" Kamu adalah ummat yg terbaik yg dihadirkan untuk manusia, karena selalu menyuruh kepada yg ma'ruf dan mencegah yang munkar serta beriman kepada Allah (SWT)." ( Q.S. Ali Imron[3]:110 )

" Jadilah segolongan kamu ummat yg mengajak pada kebaikan, menyuruh yg ma'ruf dan mencegah yg munkar. Dan mereka itu- lah orang-orang yg beriman. " ( Q.S. Ali Imron[3]:104 )

" Dari Abi Sa'id Al-Khudri ra telah berkata; Aku telah dengar Rosuulullooh saw bersabda; Barangsiapa diantara kamu melihat kemunkaran hendaklah ia merobahnya dgn tangannya, jika tak sanggup maka dgn lidahnya, dan jika tak sanggup maka dengan hatinya. Dan itu adalah aelemah-lemahnya iman."
( H.S.R. Muslim )

Dalam hal ini peranan amar ma'ruf nahi munkar yg dibebankan diatas pundak kaumm muslimin, sama artinya dgn keharusan ummat Islam menjadi ummat yg memiliki supremasi dan kekuatan. Dengan supremasi dan kekuatan itu kaum muslimin menjadi berwibawa,
berkharisma dan berprestise tinggi. Selanjutnya bila suprema- si, kekuatan dan kewibawaan itu sudah dimiliki dgn sendirinya ummat Islam menjadi ummat yg dominan diantara ummat ummat yg lain.

Pada kondisi seperti inilah, amar ma'ruf dan nahi munkar bisa diperankan dengan optimal dan effektif. Segala apapun yg berwarna ma'ruf bisa ditumbuh suburkan, sebaliknya yg berbau ke-
munkaran dapat segera diluluh lantakkan.

Dalam kondisi inilah ummat Islam bisa menghirup udara kehidupan yg segar, menyehatkan jiwa dan raga, dan bersih dari polusi akidah, keimanan, akhlaq, budaya dsbnyaa.

Utk itulah, dalam satu segi gerakan da'wah Islamiyah harus ditata sedemikian rupa sehingga sanggup menghimpun basis kekuatan ummat di segala bidang. Kekuatan ummah yang akan menggentarkan musuh musuh dienullooh.

" Dan persiapkanlah olehmu kekuatan apa saja yg kamu sanggupi untuk menghadapi mereka.....
Dengan persiapan itu kamu dapat menggentarkan musuh musuh Allah(SWT), musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya, sedang Allah (SWT) mengetahuinya." (Q.S. Al Anfaal[8]:60 )

" Dan ta'atlah kepada Allah (SWT) dan Rosuul-Nya (SAW) dan jajanganlah berbantah bantahan, yg menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya
Allah (SWT) beserta orang orang yg sabar. " (Q.S. Al Anfaal[8]:46 )

Maka menjadi kewajiban setiap Muslim utk membina diri, keluarga dan masyarakatnya agar menjadi basis kekuatan Islam dgn senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT, mentadabburi Kitabullooh dan Sunnahrosuul serta memperbanyak amal sholeh.

Manakala setiap pribadi Muslim melakukan upaya ini dgn tekun, tidak kenal menyerah dan terus menerus, insya Allah akan tercetaklah secara nyata basis kekuatan Islam dalam masyarakat. Dari sini penghimpunan kekuatan Ummah bisa segera dilancarkan secara menyeluruh melalui kader kader Ummah yg teguh, to'at dan istiqomah.

Diantara kekuatan kekuatan yg harus diperhatikan dan ditumbuh kembangkan adalah sbb:

1) KEKUATAN AKIDAH
Dgn ini diharapkan mampu memotivisir dan menggerakkan setiap Muslim utk menda'wahkan dan menegakkan kalimatullooh, dienul Islam.

2) KEKUATAN JIHAD
Berupa semangat pengorbana harta dan jiwa demi tegaknya kalimatullooh dgn prinsip 'Hidup mulia atau mati Syahid".

3) KEKUATAN AKHLAQ
Yg dengannya segala aktifitas dan amaliah kita, bisa terkontrol menurut aturan/syari'ah Islam. Dari sini akan tampil identitas keIslaman secara nyata dan berwibawa.

4) KEKUATAN POLITIK
Dimana Ummat Islam dgn pasti mampu mengantisipasi gerakan lawan sekaligus usaha memukul balik serangan lawan.

5) KEKUATAN ILMU
Dalam rangka menguasai dan memanfaatkan ayat2x kauniyah. Sehingga Ummat Islam bisa meningkatkan kwalitas dibidang science dan technologi.

6) KEKUATAN MATERI
Sebagai faktor pendukung yg penting dalam menyediakan Karena da'wah dan kelangsungan harokah Islamiyah.

Sudah saatnyalah Ummat Islam menata diri, keluarga dan masyarakatnya untuk menjadi IMAM. Dengan menjadi IMAM berarti kita berada di depan, yg mampu utk menentukan dan mengarahkan. Predikat yg telah tersandang sebagai ma'mum, marilah segera kita tanggalkan. Dengan membangun basis kekuatan Islam dalam diri, keluarga dan masyarakat, insya Allah Ummat Islam pasti akan menjadi IMAM dan panutan, yg bisa menghantarkan diri
sbg kholifatul filardli....Pemimpin Dunia...
Insya Allah......


Copyright © 2007. santridalnet@crew. All rights reserved. Hak Cipta DiLindungi Allah Azza Wa Jalla Yang Maha Kuasa